Waduh! Lima Striker Ini Gagal Total di Premier League Usai Dibeli Mahal

Bola itu bundar. Istilah ini menggambarkan betapa ada begitu banyak hal yang sulit untuk diprediksi dalam olahraga yang dimainkan 12 orang di atas lapangan hijau.

Salah satu yang cukup sulit diperkirakan hasilnya adalah transfer pemain. Tentu para penggemar setia sepakbola sudah tahu, bahwa bukan rahasia umum lagi jika harga pemain belum tentu berbanding lurus dengan performanya di atas lapangan.

Namun demikian, persaingan ketat dengan tim lain dalam mendapatkan sebuah talenta menjanjikan, plus tekanan dari para suporter, kerap membuat klub-klub besar tak ragu menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk membeli bintang baru.

Tapi apa yang terjadi jika kemudian uang yang sudah dihamburkan ternyata tak dibalas dengan performa memikat oleh pemain? Di sinilah muncul istilah flop, untuk menyebut mereka yang gagal memenuhi ekspektasi di atas lapangan hijau.

Berikut adalah lima nama striker yang divonis flop, usai dibeli klub Premier League dengan harga yang cukup mahal.

roque santa cruz

1. Roque Santa Cruz

Harga beli 17,5 juta poudnds, empat gol. 4,4 juta pounds per gol.

Setelah mencatat musim yang baik di 07/08 (19 gol), dan tidak terlalu tajam di 08/09 (membuat empat gol), Roque Santa Cruz kembali bertemu dengan mantan manajernya Mark Hughes, dengan nilai transfer yang cukup besar. Pemain Paraguay tidak terlalu sukses di Manchester City dengan hanya membuat empat gol.

Itu adalah kontribusi yang ia berikan pada klub, mengingat di tiga tahun berikutnya ia dipinjamkan ke Blakcburn Rovers, Real Betis, dan Malaga. Hughes sendiri dipecat tak lama usai ia mendatangkan Santa Cruz.

mario balotelli

2. Mario Balotelli

Harga beli 16 juta pounds, tiga gol. 5,3 juta pounds per gol.

Usai Luis Suarez dipastikan pindah ke Barcelona, kubu Anfield harus mencari bomber anyar di 2014. Brendan Rodgers lantas memutuskan untuk membeli Mario Balotelli, dari uang hasil penjualan pemain Uruguay. Meski ia sempat bermain bagus di Manchester City, pemain Italia masih dianggap sebagai bagian dari perjudian Brendan Rodgers, mengingat ia punya sikap yang terkenal sulit diatur.

Di musim 13/14, Suarez membuat 31 gol di Premier League dan di musim berikutnya, Balotelli hanya membuat satu. Dan satu gol lagi di Europa League serta Piala Liga. Musim panas lalu, sang striker kembali dipinjamkan ke AC Milan.

andy carroll afp

3. Andy Carroll

Harga beli 35 juta pounds, enam gol. 5,8 juta pounds per gol.

Andy Carrol pernah menjadi pemain termahal Inggris, usai Liverpool membelinya dengan harga 35 juta pounds di 2011. Harga yang begitu mahal itu terbukti menjadi beban tersendiri bagi pemain muda, yang sebelumnya disebut sebagai salah satu striker Inggris yang punya masa depan cerah.

Namun setelah diganggu banyak kendala cedera, sistem bermain yang tidak mendukung, dan juga kurangnya talenta, Carroll gagal tampil bagus. Usai hanya membuat enam gol di Liverpool, ia dipinjamkan ke West Ham dan musim berikutnya pindah secara permanen ke Upton Park.

jo

4. Jo

Harga beli 19 juta poundsterling, tiga gol. 6,3 juta pounds per gol.

Salah satu pemain yang terkenal dengan kegagalannya di Premier League. Jo datang ke Manchester City dengan sambutan luar biasa, namun ia gagal membuktikan diri – usai sebelumnya membuat 44 gol dalam 77 pertandingan di CSKA Moscow.

City sendiri akhirnya membeli sang pemain dengan harga 19 juta pounds dan berharap bisa memiliki seorang bomber tajam di lini depan. Namun ia hanya membuat satu gol di musim pertamanya di liga. Jo lantas dipinjamkan ke klub lain di dua musim berikutnya, sebelum akhirnya pergi permanen dari City setelah secara total hanya membuat tiga gol.

ricky van wolfswinkel

5. Ricky van Wolfswinkel

Harga 5,8 juta poundsterling, 1 gol.

Norwich City tercatat sebagai tim yang juga pernah mendatangkan striker ter-flop, usai mereka membeli Ricky van Wolfswinkel dari Sporting Lisbon. Sebelumnya, pemain Belanda telah membuat 54 gol dalam empat musim perjalanan karirnya di Portugal. Dan sepertinya ia juga punya fisik yang bagus untuk bisa sukses di Premier League.

Namun apa yang terjadi, usai 25 penampilan, sang bomber hanya membuat satu gol. Gol tersebut bisa dibilang sebagai salah satu gol termahal yang pernah terjadi dalam sejarah Premier League.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *