Mungkinkah 5 Pemain Ini Jadi Manajer Premier League?

Di tengah ketatnya persaingan di kompetisi sepakbola level atas di Eropa, ada beberapa pemain istimewa tak hanya punya kemampuan luar biasa di atas lapangan – namun juga amat mencintai profesinya, hingga tak rela berpisah dari dunia olah kulit bundar meski hanya sejenak.

Pemain-pemain seperti ini biasanya adalah sosok yang ditunjuk sebagai kapten, sudah lama membela satu klub tertentu, atau memiliki kharisma diakui amat luar biasa oleh rekan-rekan setimnya.

Nah, tak jarang pemain-pemain yang punya modal sedemikian bagus bakal memiliki rencana untuk tidak jauh-jauh dari dunia sepakbola ketika mereka sudah pensiun. Target awal biasanya adalah dengan menjadi bagian dari staff pelatih, sembari menimba ilmu, hingga nantinya bisa jadi manajer utama.

Lantas, siapa saja pemain yang kira-kira layak jadi manajer di masa depan? Berikut daftar lima pemain dari Premier League yang mungkin cocok untuk beralih profesi sebagai pelatih kepala.

mile jedinak

1. Mile Jedinak

Jedinak adalah pemain pujaan suporter dan kedewasaan serta caranya memahami pertandingan akan bisa membuatnya jadi manajer yang bagus satu hari nanti. Para manajer Crystal Palace di masa sebelumnya beruntung memiliki dia dalam tim, mengingat mereka bisa membuat seluruh skuat memahami strategi lewat pemain Australia. Kekuatan mental dan kemampuannya memprediksi banyak hal sungguh luar biasa, dan itu bisa jadi modal untuk jadi manajer yang hebat.

john terry

2. John Terry

Kapten Chelsea adalah pemain paling berpengalaman di daftar ini. Ia telah memenangkan semua trofi penting di sepanjang karirnya dan sepertinya ia bakal siap mewariskan semua pengetahuan yang ia punya ke generasi berikutnya. Jelas bahwa ia akan mendapat dukungan penuh dari fans dan pemilik klub, andai punya keinginan menjadi manajer di Stamford Bridge. Dan jika boleh jujur, sepertinya hampir semua orang akan dengan mudah membayangkan Terry mengenakan setelah jas dan berdiri memberi instruksi pada tim di pinggir lapangan.

bastian schweinsteiger

3. Bastian Schweinsteiger

Pemain Jerman tengah menjalani musim perdana di Old Trafford dan pemain Manchester United sudah mendapatkan nama panggilan yang unik, yakni “Mr Calm”. Ia mampu mendikte tempo permainan dan mengorganisir tim di sepanjang pertandingan. Bahkan sejak masih muda, Schweini sudah menunjukkan pemahaman yang luar biasa terhadap permainan dan mampu beradaptasi dengan berbagai posisi berbeda di atas lapangan. Selain itu, ia juga dikenal sebagai rekan setim brilian, yang siap membantu semua orang. Tak heran jika ia nantinya bakal mencoba peruntungan sebagai pelatih kepala.

mikel arteta

4. Mikel Arteta

Pemain Spanyol sering disebut pantas menjadi salah satu sosok yang bakal menggantikan Arsene Wenger di Arsenak. Bahkan Wenger sempat mendukung Arteta untuk menjadi manajer satu hari nanti. Visi, ketenangan, dan kesabaran yang ia punya adalah karakteristik yang bisa memberinya motivasi tambahan untuk menjadi salah satu manajer top Eropa. Pemain Arsenal sudah mengatakan bahwa ia akan menjadikan Wenger sebagai panutan, kala mengejar impian sebagai manajer usai pensiun nanti.

daley blind

5. Daley Blind

Daley Blind mendeskripsikan dirinya sendiri sebagai sosok cerdas dengan pemahaman yang tinggi akan permainan, dan ia mengklaim karakteristik tersebut cukup untuk menutup kekurangannya di sektor fisik dan stamina untuk seorang pemain belakang. Namun apakah hal itu bisa diterima di sepakbola modern? Kita belum akan mengetahui jawabannya sekarang, namun mungkin Blind punya rencana untuk menjadi pelatih di masa depan. Dan satu hal yang pasti, ia bisa menjadikan sang ayah, yang kini menjadi pelatih kepala Timnas Belanda, sebagai panutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *