Mereka Tak Layak Dikesampingkan di Ballon d’Or 2015

FIFA sudah merilis nama-nama pemain yang akan jadi calon pemenang Ballon d’Or 2015, yang bakal diumumkan dalam sebuah gala di Zurich pada Januari mendatang.

Seperti biasa, nama-nama bintang top dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masuk di dalamnya. Begitu pula dengan mereka yang sukses membawa klubnya jadi juara di satu dari lima liga top Eropa, maupun meraih trofi di level Internasional.

Namun demikian, ada pula beberapa pemain veteran, yang sebenarnya masih layak diperhitungkan sebagai pesepakbola berkelas level wahid, namun tak dimasukkan dalam daftar yang dikeluarkan oleh FIFA. Entah apa pertimbangannya, yang jelas hal ini tentu menimbulkan kekecewaan dari para penggemar.

Siapa saja mereka? Berikut lima di antaranya.

sergio ramos ist

1. Sergio Ramos

Absennya Sergio Ramos di daftar FIFA merupakan bukti bahwa para pemain belakang selalu dianak tirikan di penghargaan individu. Sergio Ramos telah tampil solid dan luar biasa untuk Real Madrid selama beberapa musim belakangan. Meski Madrid tak memenangkan satu pun trofi musim lalu, Ramos merupakan elemen vital di dalam tim yang hanya kemasukan 38 gol di liga. Performa apik Ramos juga ia bawa di level Internasional bersama Spanyol, hingga mengejutkan namanya tak masuk dalam daftar FIFA.

alexandre lacazette ist

2. Alexandre Lacazette

Alexandre mencatat musim yang luar biasa tahun lalu dan ia jelas sudah melakukan sesuatu yang salah hingga namanya tak masuk daftar calon penerima Ballon d’Or. Pemain Prancis adalah top skorer Ligue 1 edisi lalu dan juga memenangkan gelar pemain terbaik Ligue 1, namun ia tidak mendapat tempat di daftar nominasi pemain terbaik UEFA maupun FIFA. Meski Alex sempat cedera dan hanya bermain di 31 laga, ia mampu membuat 31 gol dalam 38 pertandingan di semua level kompetisi atau tertinggi ketiga di Eropa, di bawah Messi dan Ronaldo.

gerard pique ist

3. Gerard Pique

Nama Gerard tak masuk dalam daftar susunan pemain inti Barcelona, ketika Luis Enrique pertama datang ke klub di 2014. Namun ia lantas membuktikan bahwa ia punya talenta luar biasa dan layak mendapatkan tempat reguler di skuat utama. Pique pun memainkan peran sentral di klub dalam sukses mereka meraih treble. Gerard juga membuat tujuh gol musim lalu, atau raihan tertingginya dalam satu musim.

carlos tevez ist

4. Carlos Tevez

Juventus mampu mencapai partai puncak Liga Champions dan merebut dua gelar domestik, salah satunya karena kontribusi vital Carlos Tevez. Tevez membuat 20 gol musim lalu, namun usahanya tersebut rupanya tak membuat FIFA terkesan. Tevez juga membuat tujuh gol di Liga Champions dan ini membuatnya menjadi top skorer dengan 29 gol di dua kompetisi. Sosok berusia 31 tahun juga diakui sebagai pemain terbaik klub.

gianluigi buffon ist

5. Gianluigi Buffon

Buffon adalah salah satu pemain paling bertalenta dan doyan bekerja keras. Ia membuktikan bahwa usia bukan halangan untuk terus tampil konsisten. Di saat sosok senior seperti Iker Casillas mulai mengalami penurunan, Buffon terus tampil luar biasa. Ia membantu Juventus mencatat musim luar biasa dan mencatat 18 clean sheet kala klub menjadi juara Italia untuk empat kali beruntun. Ia juga memainkan peran penting kala klubnya masuk final Liga Champions musim lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *