Ayah dan Anak Tak Bisa Kompak di Sepakbola? Ini 5 Buktinya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ketenaran seorang ayah belum tentu akan menjadi jaminan sukses bagi seorang anak, yang memutuskan menggeluti karir di lapangan hijau – baik sebagai pemain maupun pelatih.

Kita pernah mendengar nama-nama seperti Jordi Cruyff, Stephan Beckenbauer, dan Bradley Wright Phillips, sebagai sosok pemain yang gagal meneruskan tradisi hebat nama belakang yang mereka miliki.

Oleh karena itu, akan terasa luar biasa jika ternyata ada keturunan langsung seorang mantan legenda sepakbola dunia, yang mampu tampil impresif dan membuat banyak orang berdecak kagum. Jika sudah seperti ini, pepatah ‘buah jauh tak jatuh dari pohonnya’ pun terasa amat pas.

Siapa saja mereka yang berhasil membuktikan bahwa ayah dan anak bisa kompak meraih sukses di lapangan hijau? Berikut daftarnya.

zinedine zidane dan enzo

1. Zinedine dan Enzo Zidane

Zinedine Zidane tak diragukan lagi merupakan salah satu pesepakbola terhebat yang pernah hadir di muka bumi. Legenda Prancis punya skill dan kelas permainan yang mengagumkan. Anak tertuanya, Ezo, sepertinya mewarisi bakat ayahnya itu. Sosok berusia 20 tahun kini bermain untuk Real Madrid Castilla dan baru saja ditunjuk sebagai kapten oleh sang ayah, Zidane. Enzo amat bertalenta, namun apakah ia mampu sesukses sang ayah? Kita nantikan saja.

jamie dan harry redknapp

2. Harry dan Jamie Redknapp

Harry Redknapp tak pernah bermain untuk klub elit. Ia sempat membela West Ham dan Bournemouth, namun sukses tak pernah datang menghampirinya. Namun demikian, Harry adalah seorang manajer yang baik. Di sisi lain, sang anak, Jamie, bermain di Bournemouth, Liverpool, Tottenham, dan Southampton. Ia bukan pemain yang buruk, namun juga tak terlalu sukses. Jamie kini tengah jadi komentator di Sky Sports. Ia belum pernah menangani sebuah tim, mungkin di masa mendatang.

daley dan danny blind

3. Danny dan Daley Blind

Manajer Danny Blind, yang kini jadi bos Timnas Belanda, adalah bek yang handal ketika masih aktif bermain. Anaknya, Daley, juga bermain sebagai pemain belakang. Sementara Danny meraih sukses di Belanda bersama dua tim, Sparta Rotterdam dan Ajax, Daley bergabung dengan Manchester United di 2014. Danny gagal membawa tim nasional lolos ke Euro 2016. Daley Blind bermain cukup bagus di Old Trafford dan hanya perlu mempertahankan konsistensi.

mark dan alex oxlade chamberlain

4. Mark Chamberlain dan Alex Oxlade-Chamberlain

Mark Chamberlain adalah winger yang cukup bagus. Meski tak pernah bermain di tim besar Eropa, ia adalah pemain yang lumayan. Di sisi lain, anaknya, Alex Oxlade-Chamberlain, merupakan salah satu pemain terpenting di Arsenal. Sosok berusia 22 tahun sempat membuat gol jarak jauh yang indah ke gawang Brasil di 2013. Sementara di 1984, Inggris menang melawan Brasil. Sayangnya, Mark mengaku melewatkan gol sang anak karena ia tertidur di tengah pertandingan.

cesare dan paolo maldini

5. Cesare dan Paolo Maldini

Paolo Maldini mungkin adalah satu-satunya pemain yang bisa mereplika sukses ayahnya dengan luar biasa baik. Cesare Maldini adalah bek tangguh dengan jiwa kepemimpinan luar biasa dan terbaik di generasinya. Cesare juga merupakan manajer hebat. Anaknya, Paolo, disebut sebagai salah satu bek terbaik sepanjang masa. Ia menikmati sukses luar biasa di AC Milan, sama seperti sang ayah. Paolo seperti hasil kloning yang 100 persen mirip dengan ayahnya; ia pilar di jantung pertahanan tim, keduanya bermain di Milan dan timnas Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *