8 Pemain yang Memutuskan Menjadi Mualaf

Agama dan sepakbola jelas tidak memiliki kolerasi langsung. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut kadang juga jadi salah satu faktor mengapa seseorang semakin mengagumi atau bahkan terinspirasi pada pemain yang bersangkutan.

Para pemain sepakbola beragama Islam belakangan sudah banyak yang sanggup unjuk gigi di pentas tertinggi sepakbola Eropa. Sebut saja nama-nama seperti Franck Ribery, Zlatan Ibrahimovic, atau Mesut Ozil. Mereka semua tengah membela klub yang sudah punya nama besar di dataran benua biru dan aksi-aksinya kerap memukau para penggemar sepakbola di seluruh dunia tiap pekan.

Namun tidak hanya itu, para pemain sepakbola profesional kadang juga mendapatkan ekspos lebih, tatkala ia memutuskan untuk memeluk agama Islam atau menjadi mualaf.

Siapa saja pemain yang dimaksud? Mari kita simak satu-persatu.

Emeka Ezeugo

1. Emeka Ezeugo

Jika Anda tidak pernah menonton Piala Dunia 1994, Anda tidak akan pernah mendengar tentang Emeka Ezeugo. Ia adalah mantan bek Nigeria. Ezeugo tidak pernah bermain di liga utama Eropa, dan hanya sebentar berkarir di Denmark. Namun demikian, ia mampu meraih satu tempat di skuat Nigeria untuk Piala Dunia 1994. Emeka Ezeugo kini merupakan manajer klub Abia Warriors, tim promosi Nigeria. Ia memutuskan menjadi Islam di 2012 silam.

Emmanuel Adebayor

2. Emmanuel Adebayor

Mantan pemain Tottenham, Emmanuel Adebayor, mengejutkan semua orang ketika ia terekam dalam sebuah video sedang mengucapkan kalimat syahadat. Adebayor sebelumnya memeluk agama Kristen, namun kabar mengenai keputusannya memeluk Islam tidak mengejutkan teman-teman dekatnya. Ia mengaku bahwa Yesus telah membimbingnya untuk menemukan Islam.

Nicolas Anelka

3. Nicolas Anelka

Mantan striker Prancis, Nicolas Anelka, memutuskan memeluk Islam di 2004, ketika ia sedang berada di UEA. Ia mendapatkan nama muslim, Abdul-Salam Bilal. Ia memutuskan memeluk Islam usai bertemu dengan sahabat masa kecilnya. Anelka sendiri adalah pemain yang kerap berpindah-pindah klub. Ia saat ini menjadi manajer sekaligus pemain di Mumbai City FC di India. Anelka mengaku Islam telah membantunya melewati banyak masa sulit.

Danny Blum

4. Danny Blum

Gelandang Jerman, Danny Blum, adalah pemain lain yang memeluk Islam. Sosok berusia 24 tahun sempat bermain di klub Nurnberg dan ia mengungkap bahwa Islam memberinya harapan dan kekuatan, serta ibadah sholat membuat hatinya tenang. Blum mengatakan ia adalah pemain yang temperamental. Sepertinya cedera lutut serius membuat ia memikirkan kembali arti hidupnya. Blum mengatakan bahwa kedua orang tuanya amat menghormati keputusannya tersebut.

Eric Abidal

5. Eric Abidal

Mantan bek Barcelona, Eric Abidal, bukan hanya seorang petarung di atas lapangan, namun ia juga punya pemahaman filosofis yang tinggi. Usai didiagnosa mengalami kanker pada 2011, Abidal fokus pada usahanya memerangi penyakitnya tersebut. Bek Prancis lantas mengungkap bahwa Islam membantunya melewati periode sulit tersebut. Abidal sendiri memutuskan memeluk Islam pada 2007, usai ia menikahi pasangannya asal Aljazair, Hayet Kabir. Ia juga memiliki nama tengah Muslim, Bilal.

Germany Soccer Bundesliga

6. Franck Ribery

Winger Bayern Munchen, Franck Ribery, adalah pemain lain yang memutuskan memeluk agama Islam. Sosok berusia 32 tahun sebelumnya kerap bergelut dengan masalah cedera engkel. Ribery juga sempat terlibat insiden tabrakan mobil yang hampir menewaskan dirinya di 1985, bersama keluarganya. Luka yang ada di wajahnya merupakan buntut dari kejadian tersebut. Namun Ribery tak menyerah. Ia memutuskan menjadi Islam di 2002, dipengaruhi oleh istrinya Wahiba Belhami.

Thierry Henry

7. Thierry Henry

Thierry Henry mungkin adalah salah satu pemain sepakbola terbaik yang pernah lahir. Legenda Prancis ini menjalani delapan tahun yang luar biasa di Arsenal, di mana ia menjadi striker terbaik Premier League. Henry sendiri belum resmi menjadi seorang muslim, namun ia punya banyak kawan muslim dan tidak mengejutkan jika ia lantas bakal memeluk Islam dalam waktu dekat.

Robin van Persie

8. Robin van Persie

Mantan striker Arsenal dan Manchester United, Robin van Persie, adalah pemain lain yang dipercaya sudah memeluk Islam. Pemain Belanda ini memiliki istri Belanda kelahiran Maroko, yang lantas memilih untuk memeluk agama Islam, Bouchra. Van Persie sendiri mengatakan ia ‘bukan Muslim, atau Kristen, juga Yahudi’. Namun menurut hukum Islam, seorang wanita muslim tak bisa menikahi pria non-muslim. Oleh karena itu banyak yang percaya Van Persie sudah berpindah ke agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *