5 Fakta Misterius & Unik Tentang Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson, tanpa diragukan lagi, merupakan salah satu manajer terbaik yang pernah ada di muka bumi. Gelimang sukses dan identitas sepakbola menyerang yang ia berikan pada Manchester United membuatnya bisa bertahan di Old Trafford antara 1986 hingga 2013.

27 tahun merupakan perjalanan yang panjang untuk seorang gaffer dan hal tersebut sulit, atau bahkan mustahil ditemui di era sepakbola modern seperti saat ini. Selama hampir tiga dekade menangani United, manajer asal Skotlandia sudah 13 kali memenangkan Premier League, lima Piala FA, dan dua trofi Liga Champions.

Kesabaran merupakan faktor terpenting dalam perjalanan sukses Fergie. Hal tersebut tergambar jelas di masa awal karirnya di United, di mana ia hampir saja didepak sebelum akhirnya bisa memberikan gelar juara Piala FA pada tahun 1990 atau empat tahun setelah dipercaya menangani klub.

Namun demikian, ada beberapa fakta menarik, unik, dan misterius, yang mengiringi perjalanan Ferguson selama membesut anak-anak Setan Merah. Apa saja itu? Mari kita simak satu-persatu.

Sir Alex Ferguson © AFP

Sir Alex Ferguson © AFP

1. Fergie Time

Istilah ini sudah barang tentu tidak asing lagi di kalangan penggemar sepakbola. Disebutkan bahwa jika Manchester United kalah hingga 90 menit pertandingan akan habis, waktu laga akan diperpanjang sedikit lebih lama oleh wasit hingga tim bisa menyeimbangkan kedudukan atau bahkan menang. Terdengar seperti mitos atau lelucon, namun ini adalah fakta.

BBC secara resmi menemukan bahwa laga di mana United berada dalam kondisi kalah sering kali lebih lama 79 detik ketimbang laga di mana mereka tengah dalam kondisi unggul. 79 detik inilah yang lantas populer dikenal dengan istiliah ‘Fergie Time’. Disebutkan juga bahwa kemenangan United atas Bayern di Liga Champions 1999 disebabkan oleh ‘Fergie Time’.

2. Alasan pensiun

fergie wife

Usai menangani klub selama hampir tiga dekade dan sukses yang luar biasa hebat, Sir Alex memutuskan pensiun pada 2013 silam. Alasan pastinya masih belum diketahui kala itu, sebelum akhirnya beberapa laporan mengatakan bahwa sang manajer memutuskan menepi karena sang istri. Kondisi tubuh partner seumur hidupnya itu membuat Sir Alex terpaksa mundur dari jabatannya. Kini mereka berdua hidup dengan tenang di sebuah mansion di Cheshire, yang dikenal dengan nama ‘Fairfields’ atau sesuai dengan nama galangan kapal tempat ayah Fergie bekerja.

3. Tembok Glasgow

fergie salute

Sir Alex memiliki kebiasaan memanjat tembok ketika ia masih kecil, terhitung sebagai skill yang cukup unik untuk dimiliki seorang manajer. Ia tumbuh di daerah miskin di Glasgow dan tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan selain memanjat tembok dan bermain sepakbola. Dalam beberapa kesempatan, Sir Alex juga mengatakan tembok-tembok tersebut memiliki nama-nama unik seperti king, queen, dan suicide. Bisa dibilang, aktivitas ini amat menyenangkan, namun juga berbahaya.

4. Manajer terlama

sir alex ferguson

Manajer Manchester United bertahan di klub selama 26 setengah tahun. Itu adalah waktu yang cukup lama bagi seorang manajer untuk terus menangani sebuah tim. Lantas apakah rekor ini membuatnya jadi bos terlama yang menukangi sebuah klub? Ternyata tidak. Rekor tersebut hingga saat ini masih dipegang oleh Guy Roux, yang dipercaya berada di Auxerre selama 44 tahun. Berapa banyak dari Anda yang mengira 26 tahun adalah catatan yang tak bisa dikalahkan?

5. Pemilik Pub

sir alex ferguson

Sir Alex memiliki sebuah pub dengan nama ‘Fergie’. Setiap hal-hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil dan begitu juga dengan Sir Alex, ia bekerja keras dan melakukan banyak pekerjaan sampingan di luar sepakbola pada awal karirnya. Alex Ferguson, juga sempat menjadi ahli pertukangan, meski baru berstatus magang, sebelum akhirnya memilih membuka pub bernama ‘Fergie’.

Ia juga punya sebuah ruangan bar khusus yang dikenal dengan nama ruang ‘Elbow’ atau sikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *