10 Rahasia Jadi Jagoan Game Sepakbola FIFA 16

Zaman sekarang ini, sudah bukan rahasia lagi bagi para pria yang mengaku penggemar sepakbola, untuk tak hanya punya pengetahuan luas tentang olahraga si kulit bundar, namun juga bisa memainkannya dengan baik – di lapangan asli maupun virtual.

FIFA 16 merupakan salah satu game sepakbola terpopuler di muka bumi saat ini. Permainan yang dikembangkan oleh Electronic Arts ini selalu mengalami perubahan setiap tahunnya dan promosi yang dilakukan oleh pihak developer juga tak main-main, melibatkan para pemain profesional dari klub top seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona.

Tak heran jika game lantas ini mendapatkan perhatian luas dari para penggemar olahraga kulit bundar di seluruh dunia. Dari musim ke musim, popularitasnya makin menanjak. Bahkan para bintang dunia seperti Lionel Messi, Wayne Rooney, dan Eden Hazard dikabarkan kerap memainkannya di waktu senggang.

Tak ingin ketinggalan gegap gempita FIFA 16? Berikut 10 trik yang perlu kamu tahu untuk bisa jadi jagoan di game satu ini.

pressing

1. Pressing

EA Sport memasukkan elemen kecerdasan buatan di FIFA 16. Untuk meningkatkan gaya permainan para football lover, tak ada salahnya mencoba menerapkan teknik ‘gegenpressing’ ala Jurgen Klopp. Pada dasarnya, taktik ini menuntut para pemain yang ada di dekat bola, untuk langsung memberikan tekanan pada pihak lawan ketika tim sedang kehilangan penguasaan bola.

formasi

2. Lupakan 4-2-3-1

Kebanyakan gamer pasti tahu bahwa tim yang ada di career mode akan menggunakan formasi 4-2-3-1. Formasi ini memberikan banyak opsi berbeda ketika menyerang. Namun demikian, di FIFA 16 para pemain tak diwajibkan menggunakan taktik ini. EA memperbolehkan penggunaan formasi lain seperti 4-4-2 atau 3-5-2, atau bahkan formasi alternatif yang lebih bervariasi.

passing

3. Passing

Kebanyakan orang mungkin sudah tahu ini, namun di FIFA 16 gamer takkan bisa menang hanya dengan menggunakan teknik passing pendek biasa. Mengingat EA menggunakan sistem AI yag lebih canggih, para pemain harus berusaha keras menggunakan kombinasi berbagai macam umpan dan operan berbeda untuk mencetak gol. Sering-seringlah menggunakan bola terobosan atau one-two untuk membuat peluang mencetak gol lebih besar.

tackling

4. Tackling

FIFA 15 memiliki fitur khusus yang memungkinkan para pemain menarik kaus lawan. Namun di FIFA 16, terdapat fitur anyar yang tak kalah menarik. Dengan menekan tombol B, para pemain bakal bisa memberikan tekanan pada lawan yang tengah menguasai bola. Namun hati-hati dalam menggunakan fitur ini, karena salah-salah wasit akan memberikan kartu. Jadi pilih momen dan waktu yang tepat sebelum melakukannya.

ultimate team

5. Ultimate Team

Dalam mode FIFA Ultimate Team, kebanyakan pemain memilih untuk memilih barisan pemain terbaik untuk dimasukkan ke dalam skuat mereka. Namun ini bukan solusi terbaik. Ambil contoh Lionel Messi. Pemain Argentina ini mungkin punya pemahaman yang luar biasa dengan rekannya di tim nasional atau Barcelona, namun ia akan kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaik jika digabung dengan pemain yang sama sekali tak familiar dengannya.

skill

6. Skill

Ada beberapa pendapat yang mengatakan skill atau trik tidak terlalu efektif di FIFA 16, namun hal itu sama sekali tidak benar. Faktanya, pengembang game menghabiskan cukup banyak waktu untuk memasukkan trik-trik anyar ke dalam seri terbaru. Namun harus diperhatikan bahwa melakukan trik akan jauh lebih terasa manfaatnya pada momen dan saat yang tepat. Contohnya? Gol yang dicetak Lionel Messi dengan mengecoh Jerome Boateng di semifinal Liga Champions musim lalu. Intinya, banyak-banyaklah berlatih.

no touch

7. No Touch Dribbling

Keputusan EA untuk memasukkan sistem no touch dribbling ke FIFA 16 membuat banyak gamer bersuka ria. Fitur baru ini memperbolehkan pemain untuk melewati lawan, tanpa benar-benar menyentuh bola, dan mendapatkan keunggulan jarak yang bagus terhadap lawan. Kita bisa memutuskan kapan pemain bakal benar-benar menguasai bola, dan kemudian seolah-olah bergerak ke kiri atau ke kanan, untuk menipu lawan.

tendangan bebas

8. Tendangan bebas

Terdengar sepele, namun jika seorang pemain tahu caranya mengeksekusi bola mati, mereka akan dengan sangat efektif mampu memecah kebuntuan lewat skema tendangan bebas atau tendangan sudut. Bagaimana cara menghadapinya, tergantung tipe masing-masing pemain. Ada yang memilih tendangan keras mengandalkan kekuatan, ada pula yang memilih mencoba melesatkan tendangan melengkung. Pastikan bahwa eksekutor yang dipilih memiliki kaki terkuat yang sesuai dan memang piawai dalam melakukan tendangan bebas.

defend

9. Bertahan

Selain menyerang, bertahan juga sama pentingnya. Tak ada gunanya mencetak banyak gol, jika lawan mampu membalasnya dengan singkat. FIFA 16 memberikan kebebasan pada pemain untuk bertahan dengan semua pemain yang ada, sebagai satu unit. Di FIFA edisi sebelumnya, ketika bek melakukan tekel, hal tersebut akan meninggalkan banyak ruang di lini belakang. Namun hal tersebut tak bakal terjadi sekarang, meski pemilihan pemain masih bakal memainkan peranan krusial.

career

10. Career Mode

Bagi mereka yang ingin menguasai game FIFA 16 sepenuhnya, disarankan melakukan berbagai macam eksperime dengan memainkan Career Mode. Di sini kita bisa melakukan transfer pemain, memilih skuat terbaik, dan menggunakan berbagai macam susunan pemain yang berbeda. Catatan statistik yang ada akan memudahkan dalam menyusun tim. Setiap pertandingan akan membantu gamer mempelajari AI yang diusung oleh FIFA 16 dan meraih kemenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *