10 Film Sepakbola Paling Direkomendasikan untuk Ditonton

Sepakbola merupakan olahraga yang konon paling terkenal di muka bumi. Begitu populernya, hingga ketika Piala Dunia digelar, seisi planet seolah-olah ikut terlibat dalam gegap gempitanya. Selain itu, sepakbola juga kadang jadi sarana mengubah nasib seseorang yang memutuskan menggeluti bidang ini secara profesional.

Begitu besarnya pengaruh sepakbola dalam kehidupan, hingga tak sedikit sutradara dan produser yang mengangkat tema ini untuk menjadi film. Ada yang berupa dokumenter, ada yang berupa film drama dengan sepakbola sebagai bumbu penyedap, dan bahkan ada juga film yang mendapat lisensi khusus dari FIFA dan menghadirkan bintang lapangan asli sebagai aktor.

Namun demikian, tak semua film tentang sepakbola yang beredar di pasaran memiliki kualitas layak. Tak jarang ada yang penggarapannya terkesan asal, dan hanya sekedar menjual nama atau sampul depan.

Lantas, film sepakbola mana saja yang paling menarik dan layak tonton? Berikut daftarnya.

GREGORY'S GIRL, Dee Hepburn, Gordon John Sinclair, 1981
1. Gregory’s Girl – 1981

Plot film ini cukup sederhana: Gregory Underwood adalah seorang pemain sepakbola remaja, yang memperkuat sebuah tim semenjana. Seorang remaja putri bernama Dorothy lantas bergabung dan semuanya berubah. Ia menjadi pemain top dan semua orang memujanya. Gregory mengajak Dorothy berkencan dan ia menerimanya. Gregory sendiri adalah bocah pemalu dan ia berusaha keras mengumpulkan keberanian untuk mengajak gadis pujaannya berkencan.

Original Cinema Quad Poster - Movie Film Posters

2. Mike Basset: England Manager – 2001

Usai manajer Inggris, Phil Cope, meninggal dunia, FA harus mencari seorang pengganti. Kebanyakan manajer menolak pekerjaan ini dan FA tidak punya pilihan lain: mereka harus memberikan tawaran pada seorang manajer yang aneh, Mike Basset. Ia lantas membuat beberapa keputusan aneh dan kalah di dua laga perdana bersama Inggris. Namun ia mampu bertahan dan membawa tim lolos ke Piala Dunia.

the cup

3. The Cup – 1999

The Cup mungkin adalah salah satu film sepakbola terbaik, karena didasarkan pada kejadian nyata. Plot film dimulai dari dua bocah Tibet, Palden dan Nymla, yang lari dari Tibet dan tiba di sebuah biara, yang terletak di pegunungan Himalaya. Film ini menjelaskan usaha keras para biarawan untuk memasang sebuah parabola sehingga para warga bisa menonton siaran Piala Dunia.

8728 ZIDANE QUAD FINAL.pdf

4. Zidane – A 21St Century Portrait – 2006

Ini adalah film yang wajib ditonton oleh semua orang yang tertarik pada dunia sepakbola. Film ini berkisah tentang pertandingan antara Real Madrid dan Villarreal dari perspektif legenda Prancis, Zinedine Zidane. Kamera lebih banyak fokus padanya dan hampir tidak ada dialog. Kita mendapat kesempatan melihat dunia dari kacamata Zidane dari menit ke menit. Sang legenda memang jarang tersenyum apalagi bicara, dan sepertinya ia tidak peduli dengan pertandingan, meski kenyataannya justru sebaliknya.

bend beckham

5. Bend it Like Beckham – 2002

Salah satu film sepakbola paling populer di zaman modern. Ini adalah komedi yang berkisah tentang bagaimana Anda bisa membelokkan aturan yang ada untuk berusaha keras mencapai impian. Film ini mengangkat tema tentang sepakbola wanita. Kisahnya dimulai di London, Hounslow, dan Hamburg. Dua orang wanita 18 tahun berniat menjadi pemain profesional, meski hal tersebut membuat mereka harus melawan keinginan orang tua.

fever pitch

6. Fever Pitch – 1997

Film ini berkisah tentang Paul, seorang pria berusia 30an yang bekerja sebagai guru di London Utara. Ketika tak sedang sibuk mengajar, ia seringkali memikirkan nasib tim pujaannya, Arsenal. Kehidupan Paul mengalami pasang surut atau mirip dengan tim kesayangannya, yang sudah tidak pernah jadi juara selama 18 tahun. Kehddupan Paul lantas berubah sejak ia bertemu dengan wanita bernama Sarah.

goal

7. Goal! The Dream Begins

Di mana niat, di situ ada jalan. Begitulah kira-kira premis utama film ini. Dikisahkan Santiago Munez, seorang imigran gelap Meksiko yang ada di Los Angeles, bermimpi menjadi pemain profesional suatu hari nanti. Aksinya lantas dipantau oleh seorang pemandu bakat, yang menawarinya trial di Newcastle. Santiago lantas pergi ke Inggris dan berusaha menggapai mimpinya di sana.

the damned united

8. The Damned United – 2009

The Damned United dirilis pada 2009 dan menjadi sensasi tersendiri. Film ini berkisah tentang karir Brian Clough selama 44 hari di Leeds United. Begitu Don Revie pergi dari Leeds untuk menjadi manajer Inggris, lawannya Clough masuk dan menggantikannya. Namun gayanya yang berlawanan dari manajer terdahulu membuat ia banyak mendapat reaksi negatif dari klub dan fans.

looking eric

9. Looking for Eric – 2009

Film ini berkisah tentang kehidupan Eric Bishop, seorang fans berat legenda Manchester United, Eric Cantona. Eric adalah seorang tukang pos, namun amat mencintai sepakbola. Ketika sang istri, Lily, pergi meninggalkannya, hidup Eric nyaris hancur. Ia tidak dihormati oleh rekan-rekannya, pekerjaannya pun amat membosankan. Ia lantas mendapatkan visi mengenai Eric Cantona, dan dengan bantuan sang idola serta putrinya, Bishop mencoba bangkit dari keterpurukan.

escape to victory

10. Escape to Victory – 1981

Tanpa perlu diperdebatkan lagi, film ini adalah film sepakbola terbaik sepanjang masa. Berkisah tentang pasukan sekutu yang dipenjara di sebuah kamp Jerman pada masa Perang Dunia II. Tim sekutu, yang diasuh oleh kapten Inggris, John Colby, setuju bermain sepakbola melawan tim Jerman. Mereka lantas berencana untuk kabur. Film ini sendiri banyak membahas tentang sepakbola dan dibintangi oleh Sylvester Stallone, Michael Caine, Pele, dan Sir Bobby Moore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *